Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Mojokerto-Kertosono

oleh Admin

2017-09-14 15:37:58   |  Dibaca 63 kali

Presiden Joko Widodo meresmikan jalur jalan tol Jombang-Mojokerto, hari ini, Minggu 10 September 2017. Ruas tol ini menjadi bagian dari ruas tol Mojokerto-Kertosono.

"Presiden akan melakukan peresmian Tol Jombang-Mojokerto," kata Deputi Bidang Protokoler, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Minggu, 10 September 2017.

Presiden bertolak ke Surabaya dari Lanud TNI AU Halim Perdanakusumah sekitar pukul 12.00 dan tiba di Bandara Juanda sekitar pukul 13.00. Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan juru bicara Presiden, Johan Budi SP.

Ruas jalan tol Mojokerto-Kertosono memiliki panjang 40,5 kilometer dan terbagi dalam empat seksi. Selama ini seksi yang sudah selesai dan dioperasikan adalah seksi 1 dan seksi 3. Seksi 1 yang memiliki panjang 14,7 km menghubungkan antara Bandar Kedungmulyo dengan Tembelang, Kabupaten Jombang. Ruas ini telah dioperasikan sejak Oktober 2014. Seksi 3 dengan panjang 5 km berada di wilayah Desa Kemantren, Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu, Kecamatan Jetis. Ruas tol ini dioperasikan Desember 2016.

Sementara seksi 2 dan 4 baru saja diselesaikan pembangunannya. Seksi 2 sepanjang 19,9 km berada diantara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto. Sementara seksi 4 yang memiliki panjang 0.9 km menghubungkan tol Solo-Kertosono, membentang antara Desa Gondangmanis hingga Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. Dengan peresmian ini, maka tuas tol Mojokerto-Kertosono bisa dilalui utuh sepanjang 40,5 kilometer.

Sumber : KemenPUPR, Tempo