Image

BULLDOZER

virman

Dibaca 252 kali

Fungsi Alat Berat Dozer Atau Buldozer merupakan traktor yang dipasangkan pisau atau blade di bagian depannya. Pisau berfungsi untuk mendorong, atau memotong material.
Jenis pekerjaan yang biasanya menggunakan dozer atau buldozer adalah :

  1. Mengupas top soil dan pembersihan lahan dari pepohonan.
  2. Pembukaan jalan baru.
  3. Memindahan material pada jarak pendek sampai dengan 100 m.
  4. Membantu mengisi material pada scraper.
  5. Menyebarkan material.
  6. Mengisi kembali saluran.
  7. Membersihkan quarry.

Ada dua macam alat penggerak dozer atau buldozer, yaitu roda crawler dan roda ban. Alat penggerak dozer umumnya adalah crawler. Jenis dozer beroda crawler terbagi menjadi ringan, sedang dan berat. Jenis ini digunakan untuk menarik dan mendorong beban berat serta mampu bekerja pada permukaan kasar dan berair. Sedangkan dozer beroda ban dapat bergerak lebih cepat sehingga lebih ekonomis. Pemakaian alat ini umumnya pada permukaan seperti beton dan aspal. Dilihat dari jarak tempuh maka dozer beroda ban mempunyai jarak tempuh lebih besar daripada crawler dozer.

Pisau (Blade) Pada dozer atau buldozer Ada dua fungsi utama dari pisau, yaitu mendorong material ke depan (drifting) dan mendorong material ke samping (side casting). Permukaan pisau umumnya melengkung sehingga material bergerak berputar saat didorong. Pisau dihubungkan dan dikendalikan pada traktor oleh 2 pasang double hydraulic cylinder. Pasangan pertama bekerja untuk mengatur letak muka pisau sehingga kedalaman penggalian dapat diatur. Sedangkan pasangan yang kedua bekerja untuk menaikkan dan menurunkan pisau.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Mojokerto dengan tugas pokok dan fungsinya sangat terbantukan dengan adanya alat Buldozer ini, di sini terdapat 2 unit Buldozer berkapasitas 8 – 18 ton yang siap digunakan pada berbagai pekerjaan kebinamargaan. 

Link: